PENGGUNAAN TIK DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Poto: fernandanurhazizah.wordpress.com |
Tujuan akhir proses pendidikan nasional adalah peningkatan kualitas sumber daya
manusia. Untuk mencapai tujuan tersebut upaya strategis yang perlu dilakukan adalah
meningkatkan kualitas pendidikan. Inti dari proses pendidikan, secara formal, adalah
proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan
upaya strategi yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kualitas pembelajaran.
Pembelajaran yang berkualitas dapat dilihat dari segi proses dan hasilnya. Proses
pembelajaran yang berkualitas menempatkan peserta didik sebagai subjek belajar dan
memungkinkannya tertantang untuk mengkonstruksi pengetahuan, nilai, dan sikap dengan
mudah, penuh gairah dan motivasi, serta menyenangkan. Sementara dari segi hasilnya,
pembelajaran yang berkualitas diindikasikan oleh tingginya keefektifan, efisiensi, dan daya
tarik pembelajaran pada diri siswa sebagai subjek belajar. Teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) merupakan semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan,
pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Berbagai jenis TIK, baik yang konvensional maupun modern, memiliki karakteristik yang
berbeda-beda. Jika TIK dirancang dan dikembangkan dengan benar dan dimanfaatkan
sesuai tujuan dan karakteristik siswa maka penggunaan TIK dalam pembelajaran akan
meningkatkan kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasilnya.
No comments:
Post a Comment